Keutamaan 10 hari di awal bulan dzulhijjah

 Uncategorized

II. Dalil-dalil Keutamaan 10 Hari Awal Dzulhijjah

Terdapat banyak dalil yang menyebutkan tentang keutamaan 10 hari awal Dzulhijjah, antara lain;

1. Firman Allah SWT, “Demi fajar, dan malam yang sepuluh.” (QS. al-Fajr: 1-2). Ibnu Abbas, Mujahid dan Ath-Thabari berkata bahwa malam yang sepuluh adalah 10 malam pertama bulan Dzulhijjah. (Tafsir Ibn Katsir, 4/3049).

2. Firman Allah SWT, “…dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang ditentukan.” (QS. Al-Hajj: 28). Menurut jumhur ulama, hari-hari yang ditentukan di sini adalah 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. (Lathaif al-Ma’arif oleh Ibnu Rajab, Hal. 501)

3. Dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah Saw bersabda,
مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ.

“Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya, “Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah?” Beliau menjawab, “Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun.” (HR. Al Bukhari, Ahmad, Abu Daud, dan At Turmudzi)

4. Dari Ibnu Umar ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan tidak ada amal yang lebih dicintai-Nya daripada yang dilakukan pada 10 hari itu. Oleh karena itu, perbanyaklah tasbih, tahlil dan takbir pada hari-hari tersebut.” (HR Ahmad)

PhotoGrid_1456506222473

Dan masih banyak lagi dalil lainnya yang dapat kita baca dalam kitab-kitab hadits, yang menunjukkan tentang keutamaan 10 hari awal Dzulhijjah.cp-mys

Download Aplikasi NASIHAT ISLAM di Android: android-download-button

Author: