ANTARA THR, BELANJA DAN IBADAH DI AKHIR RAMADHAN

 Materi Ramadhan
Saat ini kita sudah memasuki hari-hari jelang akhir Ramadhan, dan fenomena umum tiap tahunnya di berbagai daerah pada penghujung bulan suci ini terjadi degradasi (penurunan) kuantitas maupun kualitas ibadah sebagian besar umat Islam.
@nasihatislam.com Pin BB.D0114032 WA;085255556529Screen Shot 2015-10-28 at 18.16.45
Jumlah jamaah di masjid semakin berkurang dan pusat perbelanjaan semakin ramai, tadarrus Alquran pun mulai di tinggalkan, pengajian dan majlis taklim pun sepi, kegiatan amal juga terabaikan. Sebenarnya hal ini tidak salah cuma perlu di atur agar belanja dan persiapan id fitri tetap jalan tanpa mengurangi nilai ibadah yang hanya sekali setahun ini.

Berikut kami sajikan tips dan kiat sebagai motivasi mengatasi degradasi ibadah di akhir ramadhan;
1. Konsisten dalam ibadah
Ibadah ramadhan harus konsisten dari awal sampai akhir
“Sesungguhnya amalan yang dicintai Allah adalah yang dikerjakan secara konsisten meskipun sedikit.” (HR. Bukhari).

2. Menjaring Lailatul Qadar dengan ibadah
Keterangan dari Alquran bhw ibadah pada malam lailatul qadr setara dengan ibadah selama Seribu bulan atau 83 tahun, maka motivasilah diri untuk menggapainya dengan ibadah dan amal.

3. Memperbanyak i’tikaf di masjid
Jika tak bisa di lakukan di siang hari karna urusan belanja dan lainnya, maka upayakan lakukan i’tikaf di malam hari.

4. Mengatur waktu sebaik baiknya.
Khususnya ibu-ibu dan remaja putri untuk belanja kebutuhan di siang hari dan ibadah di malam hari tetap khusyu’, anggaplah bahwa ramadhan tahun ini adalah ramadhan terakhir kita agar serius dalam ibadah.

Semoga kiat-kiat diatas dapat membantu kita menghindari degradasi (penurunan) kuantitas dan kualitas ibadah hingga penghujung ramadhan nanti sehingga kita tampil sebagai pemenang yang hakiki.Sebarkanlah nasihat.!

 

Download Aplikasi NASIHAT ISLAM di Android: android-download-button

Author: